STRATEGI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN

  • Ni Putu Indah Rosita Universitas Triatma Mulya
  • I Wayan Septa Wijaya
  • Ni Luh Ayu Citra Mutiarahati
Keywords: Strrategi pelayanan rumah sakit; manajemen mutu; dan kepuasan pelayanan rumah sakit.

Abstract

Pelayanan kesehatan yang baik, saat ini menjadi suatu kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan finansial maupun permasalahan kesehatan masing-masing individu. Saat ini ada banyak jenis fasilitas kesehatan yang dapat di akses oleh masyarakat baik itu milik pemerintah maupun swasta. Seperti Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta maupun klinik milik pribadi. Akan tetapi Rumah Sakit masih menjadi pilihan sebagain besar masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan terkait dengan pelayanan kesehatan saat ini. Oleh karena itu jumlah rumah sakit di Indonesia semakin meningkat, sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini terdapat peningkatan sebesar rata-rata 5,2%. Dengan begitu penyedia jasa pelayanan kesehatan harus mampu menanggapi setiap keluhan pasien dan mempunyai banyak strategi di dalam manajemen pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit. Metode artikel ini memggunakan design literatur review yakni peneliti mengulas, merangkum, dan menuliskan pemikiran beberapa pustaka seperti artikel. Hasil literatur review ini menunjukkan bahwa mutu layanan rumah sakit umum, pihak pengelola seharusnya berupaya melakukan dan mensinergikan manajemen mutu maupun strategi manajemen rumah sakit berdasarkan ketersediaan fasilitas dan peralatan medis yang didukung oleh tenaga medis yang cukup handal dalam bidangnya. Langkah yang ditempuh oleh pihak rumah sakit antara lain bekerja sama dengan pemerintah, mengadakan pelatihan – pelatihan ke tenaga medis dan membuka peluang bagi hubungan kemitraan bagi investor asing untuk mengembangkan rumah sakit ini menjadi lebih baik dimasa datang. Dan melakukan survey kepuasan pelanggan secara berkala.

Published
2023-07-02
How to Cite
Rosita, N. P., Septa Wijaya, I. W., & Citra Mutiarahati, N. L. A. (2023). STRATEGI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN. Jurnal Abdi Mahosada, 1(2), 28-35. https://doi.org/https://doi.org/10.54107/abdimahosada.v1i2.191