Edukasi Pasar Sehat Melalui Media Poster di Pasar Tradisional Kota Tanjungpinang

  • Luh Pitriyanti Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang
  • Kholilah Samosir Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang
  • Annisa Pratiwi Putri Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang
Keywords: Edukasi, Pasar Sehat, Sanitasi

Abstract

Abstrak

Pasar merupakan salah satu tempat yang rentan untuk terjadinya penularan penyakit. Untuk menghindari hal tersebut maka pedagang, pengelola pasar, pemerintah dan masyarakat perlu mewujudkan pasar sehat. Tujuan kegiatan adalah untuk melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pasar sehat, dengan edukasi merupakan salah satu cara peningkatan pengetahuan baik pedagang, pengelola pasar maupun masyarakat untuk mewujudkan pasar sehat. Metode pelaksanaan dilakukan dengan edukasi melalui poster dengan tahap persiapan yaitu analisis situasi, mengurus perijinan, persiapan alat dan bahan serta materi yang akan disampaikan. Tahap pelaksanaan dengan melakukan edukasi pada pengelola pasar mengenai pasar sehat dan pemasangan poster di area pasar. Tahap evaluasi dengan mengukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan secara kualitatif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di 3 pasar di Kota Tanjungpinang, yaitu Pasar Bintan Center, Potong Lembu dan Puan Ramah pada tanggal 8-9 Juni 2023. Evaluasi kegiatan dilakukan dimana tim pengabdian masyarakat menanyakan secara langsung apakah sasaran edukasi telah memahami materi yang telah disampaikan. Secara keseluruhan para pengelola pasar sangat berperan aktif saat proses penyampaian informasi dan informasi yang diberikan sangat bermanfaat sebagai masukan untuk perbaikan pasar menuju pasar sehat.

   Kata Kunci: Edukasi, Pasar Sehat, Pasar Tradisional.

 

Abstract

The market is a place that is vulnerable to disease transmission. To avoid this, traders, market managers, the government, and the community need to create a healthy market. The activity aimed to educate the public about healthy markets, with education being one way of increasing the knowledge of traders, market managers, and the public to create a healthy market. The implementation method was carried out by education through posters with the preparation stages, namely analyzing the situation, arranging permits, preparing tools and materials as well as the materials to be delivered. The implementation stage involves educating market managers about healthy markets and installing posters in the market area. The evaluation stage measured the success of implementing activities qualitatively. This community service activity was carried out in 3 markets in Tanjungpinang City, namely Bintan Center Market, Panggang Lembu, and Puan Ramah on June 8-9 2023. Evaluation of the activity was carried out where the community service team asked directly whether the educational targets had understood the material that had been presented. Overall, market managers play a very active role in the process of conveying information and the information provided is very useful as input for improving the market towards a healthy market.

Keywords: Education, Healthy Market, Traditional Market

Published
2024-01-25
How to Cite
Pitriyanti, L., Samosir, K., & Putri, A. (2024). Edukasi Pasar Sehat Melalui Media Poster di Pasar Tradisional Kota Tanjungpinang. Jurnal Abdi Mahosada, 2(1), 32-39. https://doi.org/https://doi.org/10.54107/abdimahosada.v2i1.266