Gambaran Pengetahuan Tentang Stunting Pada Ibu Yang Memiliki Balita Usia 2-5 Tahun Di Desa Buahan Kaja Gianyar

Gambaran Pengetahuan Tentang Stunting Pada Ibu Yang Memiliki Balita Usia 2-5 Tahun Di Desa Buahan Kaja Gianyar

  • Kadek Sri Ariyanti
Keywords: Ibu Balita, Pengetahuan, Stunting

Abstract

Pengertian : Stunting  merupakan salah satu permasalahan balita yang harus mendapat perhatian khusus. Tingginya angka kejadian stunting  pada balita dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah pengetahuan yang kurang tentang stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang stunting pada ibu yang memiliki balita usia 2-5 tahun di Desa Buahan Kaja Gianyar.

Tujuan: Mengetahui gambaran pengetahuan tentang stunting pada ibu yang memiliki balita usia 2-5 tahun di Desa Buahan Kaja Gianyar.

Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Desa Buahan Kaja Gianyar, pada Bulan Juli 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang diberikan secara online. Analisis data menggunakan analisa univariat yang menghasilkan distribusi frekwensi variabel.

Hasil dan simpulan : Sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik tentang stunting, yaitu sebesar 80%.

Rekomendasi: Tenaga kesehatan lebih meningkatkan praktik pencegahan stunting pada ibu sejak dalam masa kehamilan sehingga dapat menurunkan angka kejadian stunting di Indonesia.

Published
2021-08-25