Analisis Korelasi Faktor Ekonomi dan Dukungan Suami Terhadap Ketaatan Ibu Hamil Melakukan Antenatal Care (ANC)

  • Adriani Adriani
  • Junay Darmawati
  • Lidya Fransisca
Keywords: Dukungan suami, Kepatuhan ANC, Status ekonomi

Abstract

Latar belakang: Pelayanan asuhan kebidanan pada kehamilan dilakukan untuk  mempersiapkan kesehatan yang optimal bagi ibu hamil dan bayinya, baik kesehatan fisik, sosial maupun kesehatan mental. Terjadi peningkatan cakupan K4 di Indonesia dari tahun 2020 sebanyak 84,6% menjadi 88,8% di tahun 2021. Berdasarkan hasil data pelaporan dari Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Sumatera Selatan tahun 2021, jumlah kunjungan pertama kehamilan K4 mencapai 90,1% menurun  dari capaian K4 tahun 2020 yaitu 90,9%, sedangkan untuk cakupan K6 di Sumatera Selatan pada tahun 2021 mencapai 72,9%.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah faktor ekonomi, dan faktor dukungan suami berkorelasi dengan ketaatan ibu hamil melakukan Antenatal Care (ANC) Di Praktek Mandiri Bidan (PMB) Lismarini Palembang.

Metode: Jenis penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan ibu hamil trimester 3 yang melakukan kunjungan ANC di BPM Lismarini Palembang sedangkan sampel adalah sebagian dari ibu hamil trimester 3 yang melakukan kunjungan ANC di BPM Lismarini Palembang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat kemudian dilanjutkan dengan uji Chi Square untuk analisis bivariat.

Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara faktor ekonomi, dan dukungan suami dengan  nilai p value  0,029 dan 0,035.

Simpulan: Dari hasil penelitian dapat disimpulkan variabel ekonomi dan dukungan suami berhubungan dengan kepatuhan responden terhadap kunjungan Antenatal Care di BPM Lismarini Palembang.

Published
2024-02-01