Hubungan Ketersediaan Ruang ASI Dengan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja Di Tabanan

  • Hesteria Friska Armynia Subratha STIKES Advaita Medika Tabanan
Keywords: ASI Eksklusif, Ketersediaan Ruang ASI, Ibu Bekerja

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rendahnya  pemberian ASI eksklusif di Indonesia dikarekan tidak tersedianya ruang ASI di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketersediaan ruang ASI dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja di Tabanan.

Metode: Penelitian survei  cross sectional dilakukan pada  ibu menyusui yang memiliki bayi umur 6-12 bulan sebanyak 39 orang yang dipilih secara convenience  di Desa Dajan Peken Tabanan.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu menyusui ditempat kerjanya tidak tersedia ruang ASI dapat memberikan ASI secara eksklusif pada bayinya sebesar 45,7% dan ibu ditempat kerjanya tidak ada ruang ASI tidak memberikan ASI secara eksklusif sebesar 54,3%. Ibu menyusui yang ditempat kerjanya tersedia ruang ASI sebesar 75% dan 25% ibu bekerja yang memberikan ASI eksklusif. Hasil uji statistik menggunakan uji chi square didapatkan hasil yaiu 0,267 dan p- 0,175 sehingga hipotesis ditolak.

Simpulan: Tidak ada hubungan ketersediaan ruang ASI dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja.

Published
2019-08-27