Karakteristik Penderita Kanker Serviks di RSUD Arifin Ahmad Propinsi Riau

Kanker Serviks

  • mustika hana harahap Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru
Keywords: Karakteristik, Penderita, Kanker Servik

Abstract

KARAKTERISTIK PENDERITA KANKER SERVIKS DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

 

Mustika Hana Harahap

Program Studi DIII Kebidanan STIKes Payung Negeri

Korespondensi Penulis : harahapmustikahana@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Latar belakang dan tujuan : Menurut WHO, kanker menjadi penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia mengalahkan serangan jantung. Angka kejadian kanker serviks diruangan Camar III RSUD Arifin Achmad dari tahun ke tahun terus meningkat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penderita Kanker Serviks di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif, teknik pengambilan sampel dilakukan secara total populasi yaitu jumlah seluruh penderita kanker serviks dengan jumlah 48 orang, penelitian dilakukan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau pada bulan April 2016. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data primer, data yang didapat dari penyebaran kuisioner yang diisi oleh penderita kanker serviks dan diolah secara manual dan analisa dengan melakukan perhitungan.

Hasil : Hasil penelitian didapatkan Karakteristik Penderita Kanker Serviks berdasarkan usia mayoritas ≥ 35 tahun sebanyak 45 orang (93,75%), paritas ≥ 3 sebanyak 39 orang (81,25%), perempuan merokok mayoritas tidak merokok 31 orang (64,58%) , keturunan mayoritas tidak ada 37 orang (77,08%) dan dari segi status ekonomi <UMR Rp.1.925.000- sebanyak 26 orang (54,17%).

Simpulan : Dari hasil penelitian Karakteristik Penderita Kanker Serviks di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau didapatkan bahwa angka kejadian kanker serviks dari faktor Usia, Paritas, Perempuan merokok, Keturunan dan Status ekonomi.

 

Kata Kunci    : Karakteristik, Penderita, Kanker Serviks.

Published
2020-02-28