Pengaruh Konsumsi Tablet Fe Dengan Kejadian Konstipasi Pada Ibu Hamil Diwilayah Kerja Puskesmas Payung Sekaki Pekanbaru

  • Susani Hayati STIKes PAyung Negeri Pekanbaru
Keywords: Ibu Hamil, Konsumsi Tablet Fe, Kejadian Konstipasi

Abstract

Abstrak

 

Latar belakang dan tujuan: Perubahan hormonal yang drastis pada ibu hamil dengan peningkatan progesterone menyebabkan otot-otot relaksasi, sehingga menurunkan motilitas usus yang menyebabkan konstipasi. Salah satu factor yang dapat memicu konstipasi adalah konsumsi tablet fe secara rutin  pada ibu hamil membuat feses menjadi hitam, keras dan kering. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh konsumsi tablet fe dengan kejadian konstipasi pada ibu hamil trimester di wilayah kerja puskesmas payung sekaki Pekanbaru.

Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian analitik, menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 65 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria ibu hamil yang sudah memasuki trimeseter III. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi buku KIA. Analisis univariate menghasilkan distribusi dan presentase dari tiap variabel sedangkan Analisis Bivariate untuk melihat pengaruh konsumsi tablet Fe dengan kejadian konstipasi dengan menngunakan uji statistic Chi-Square p< 0,005 dengan derajat kepercayaan (95%).

Hasil: Hasil uji statistik Chi-square menunjukkan nilai p value 0,002 < 0,05 dengan CI 95%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kejadian konstipasi dengan konsumsi tablet Fe. Dimana pengaruh konsumsi tablet Fe meningkatkan kejadian konstipasi pada ibu hamil.

Simpulan: Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi tablet Fe lebih cenderung mengalami konstipasi Sedangkan Ibu hamil yang tidak rutin mengkonsumsi tablet Fe cenderung tidak mengalami konstipasi.

Published
2020-02-27