Hubungan Penerapan Diet Glutei Free & Casein Free (Gfcf) Dengan Perubahan Perilaku Autis Di SLSBN Pembina Pekanbaru

  • YESSI 0 AZWAR SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN PAYUNG NEGERI
Keywords: Anak Autis, Diet Glutein Free & Casein Free (GFCF), Perubahan Perilaku

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan : Kasus autisme didunia pada anak (autism Infntile) semakin banyak sehingga menimbulkan kekhawatiran dikalangan masyarakat terutama orang tua. Kasus autis di amerika serikat pada tahun 2016 diperkirakan terdapat 400.000 individu dengan autisme (Juwanto, 2016). Penulis mendapatkan data penyandang autis di Provinsi Riau khususnya Pekanbaru pada tahun 2015 diperkirakan sekitar 1.044 yang tersebar dibeberapa Kabupaten (DisdikRiau, 2017). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penerapan diet Glutein Free & Casein Free (GFCF) dengan perubahan perilaku pada anak autis di SLBN Pembina Pekanbaru.

Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif, menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. sampel pada penelitian ini adalah 52 responden melakukan pengisian kuesioner keadaan sebelum diet dan setelah diet.

Hasil : Berdasarkan hasil uji statistic chi square diperoleh nilai p= 0.000 dan nilai signifikan lebih kecil dari α 0.05 (p= 0.000 < 0.05).

Kesimpulan : Disimpulkan bahwa ada hubungan penerapan diet GFCF dengan perubahan perilaku pada anak autis.

 

Kata Kunci             :  Anak   Autis,  Diet   Glutein  Free    &  Casein  Free    (GFCF),  Perubahan

Perilaku

 

Published
2020-02-28