Gambaran Pengetahuan Remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Baturiti

Gambaran Pengetahuan Remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Baturiti

  • Kadek Sri Ariyanti
Keywords: HIV/AIDS, Pengetahuan Remaja

Abstract

Abstrak

Latar Belakang dan Tujuan: HIV/AIDS merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Infeksi virus HIV semakin meningkat bahkan penderita masih dalam usia remaja (<15 tahun). Salah satu faktor penyebab adalah kurangnya pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS. Data Dinas Kesehatan Provinsi Bali menunjukan bahwa di Kabupaten Tabanan kasus HIV/AIDS sebanyak 6,09%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Baturiti.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini 178 siswa. Teknik pengambilan sampel mengunakan cluster sampling. Uji statistik yang digunakan adalah analisa univariat yang menghasilkan distribusi frekwensi variabel.

Hasil dan Simpulan: sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik tentang kesehatan reproduksi, yaitu sebesar 89,9%. Perlu dikaji lebih dalam sub bagian pengetahuan tentang HIV/AIDS pada penelitian berikutnya, dimana perlu dianalisis apakah dari beberapa sub bagian pengetahuan HIV/AIDS tersebut ada yang kurang dipahami oleh siswa. Selain itu perlu dikaji lebih dalam pula mengenai faktor-faktor yang dapat mendukung peningkatan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS, sehingga dapat ditempuh metode yang terbaik untuk meningkatkan pengetahuan remaja dan dapat membentuk remaja yang disiplin dan bertanggungjawab terhadap kesehatan reproduksinya secara mandiri.

Published
2020-08-31